Cara usaha UMKM berkembang dan tetap berjalan
Strategi agar usaha UMKM akan berkembang dan meluas
Agar UMKM (usaha mikro kecil menengah) berjalan dan
berkembang, diperlukan sebuah perencanaan atau strategi, karena dengan sebuah
rencana, usaha sekecil apapun akan berkembang.
1.
Rumuskan produk yang ditawarkan serta dengan
standar yang ditawarkan.
Buatlah produk dan tetapkan standar minimal produk yang kita
akan tawarkan. Dan jangan lupa siapa target penjualan kita. Dan sesuaikan harga
produk dengan harga standar di pasar.
2. Tujuan Usaha.
Pastikan usaha kita memiliki tujuan usaha yang kuat. Sebagai
contoh “Mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan pengeluaran sekecil-kecilnya
tanpa mengurangi kualitas yang sudah ditetapkan dan bertahan cukup lama”.
3.
Mengetahui Kelemahan dan Kekuatan Usaha Kita.
Dengan mengetahui Kelemahan dan kekuatan usaha kita, hal itu
akan membantu untuk menciptakan sebuah peluang dan mengetahui ancaman yang
dapat terjadi. Pastikan untuk menulikan kekuatan dan kelemahan usaha tersebut. Sebagai
contoh, saya memiliki kedai makan bakso. Lokasi usaha saya yang strategis
dimana banyak remaja dan orang dewasa yang sering melewati lokasi usaha saya. Saya
memiliki keunikan (Kekuatan) pada usaha bakso saya, yaitu memiliki menu bakso
lobster dan bakso kepiting, dimana bakso tersebut masih memiliki kepala lobster
dan cangkang kepiting. Serta memiliki kuah bakso yang memiliki aroma laut yang segar.
Tetapi kelemahan dari usaha saya yaitu butuh waktu yang cukup lama untuk
menyajikan menu tersebut karena benar benar diolah secara fresh jika tanpa
pemesanan sebelumnya.
4. Mengetahui peluang dan ancaman yang ada.
Kita sebagai pengusaha harus pintar mencari informasi dan
peluang, Sebuah peluang itu dapat tercipta dari berbagai aspek, contohnya pada
saat ini, ayam geprek menjadi viral karena sensasi pedasnya dapat melebihi
pedasnya Samyang. Peluang juga dapat tercipta dari keadaan saat ini, contohnya
pada saat ini sedang musim hujan, pada keadaan ini banyak orang mencari makanan
dan minuman hangat seperti wedank jahe, stmj, mie rebus, rawon, soto, dan
berbagai makanan dan minuman lainnya.
Ancaman juga perlu diketahui karena dengan mengetahui ancaman
yang ada, kita dapat menghindar dari ancaman tersebut karena setiap ancaman
berpotensi untuk merusak bisnis yang kita jalani. Sebagai contoh usaha bakso
yang saya jalani memiliki pesaing bakso lobster juga, dimana mereka menjual
bakso lobster dengan harga yang lebih murah dari produk yang saya tawarkan. Ancaman
ini harus diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat menu dimana ukuran bakso lobsternya
dapat disesuaikan dengan budget pembeli.
5.
Membuat inovasi produk
Buatlah inovasi produk agar produk yang kita tawarkan tidak
membuat bosan pembeli dan dapat mempertahankan usaha yang telah kita lakukan.
Komentar
Posting Komentar